Jumat, 26 Juli 2013

Kudapan Season 2

tukang makan tapi kok kurus ya??!

Weeew....kudapan lagi? Kenapa lama-lama jadi blog masak memasak yak? Wkwkwkw... Obsesi diri jadi koki yang gagalkah? Bukaaan...bukaaaan. Saya duluuuu suka masak, tapi lama-lama jadi nggak telaten. Enakan langsung makan, hihihihi.... Sekarang jadi menyingsingkan lengan baju dalam rangka memberi makanan rumahan yang bergizi bagi Crystal, cieeee.... *kipas-kipas penuh kebanggaan*.

Berusaha selalu dalam "track yang lurus" dalam hal memberi makanan yang lezat, bergizi dan memenuhi syarat buat anak ternyata gampang-gampang susah. Meski saya bukan wanita karier yang bekerja dari jam 7 sampe 8 malam, tapi kadang tidak punya cukup waktu untuk berkreasi dalam hal makanan buat anak wedok *berasa yang paling sibuk sedunia akhirat dah*. Tapi, tetep saya beruntung. Kenapa? Karena saya hidup di era globalisasi dimana segala info mudah diakses. Jadi selain buat eksis, saya berusaha memanfaatkan media sosial untuk menggali info. Karena saya new mum, maka saya berusaha cari info segala hal yang berkaitan dengan profesi baru saya tersebut. Saya gabung di beberapa forum yang menurut saya oke banget dan mendownload *dengan gratisss...tisss...* berbagai menu makanan untuk baby. Dari semua resep yang sudah saya abadikan, adakah yang sudah saya buat sesuai dengan resepnya? Belum...! Hahahaha...! Kebanyakan liat menu trus ngarang *berasa sudah yang paling pinter bereksperimen*. Bukan begitu sih sebenarnya, saya cuma berusaha mengepas-ngepaskan resep dengan stok bahan baku di rumah. Seadanya? Ya...bisa dibilang begitu, tapi tetep harus bergizi.

Kemarin saya beli agar-agar bening, karena denger-denger usia 9 bulan sudah bisa diicip ager-ager. Sesampainya di rumah, cek isi kulkas. Masih punya melon, apel, jambu. Melon okelah, apel juga, tapi masa iya jambu? Heee.... So, tadi pagi saya kupas-kupas itu melon, cuci bersih, cuci sebentar di air panas trus di blender. Yup, siap... Masukin ke panci kecil, tambahin ager-ager sedikit aja, aduk-aduk di atas kompor dengan api kecil. Selesai? Belum. Tambahin susu formula (ASI juga boleh kalo ada), trus sedikit santan. Angkat saat sudah mendidih dan tuang dalam cetakan. Saya sih nuangnya ke wadah tupperware, hehe...
Adanya sih! Ini nih penampakannya.
adonan pertama

Kemudian saya iris-iris roti bayi M**na jadi potongan kecil-kecil, tabur-taburin ke agar-agar tersebut.
potongan Mi**a

Nah, sembari tunggu agak mengeras, adonan kedua siap dibikin. Saya parut kasar wortel kemudian tambahin sedikit air plus agar-agar. Masak diatas kompor dengan api kecil. Pas udah mau mendidih, tambahin susu dan sedikit santan sambil terus diaduk. Angkat trus tuang ke adonan kedua.
nah, ini setelah adonan kedua dituang

Setelah mengeras, baru saya potong-potong dan siap untuk disantap Crystal. Saya bilang ke Mamak Yuli yang momong Crystal, itu agar-agar nggak perlu dihancurin saat disuapin ke Crystal, disendokin aja sepotong-sepotong karena dia lagi tahap belajar mengunyah. Yuhuuu...nanti pulang kerja, wawancara Mamak Yuli, tanyain tentang responnya Crystal tentang kudapan abrakadabra bikinan emboknya. Moga-moga dia suka jadi mboknya semangat bikin kudapan yang lain (^_^)
duh, cantiknya hasil karyaku..hahahaha...!!
Ibu-ibu, calon ibu dan mbak-mbak serta pembaca budiman yang punya anak kecil pasti pernah dan sedang ngerasain gimana "ribetnya" (dosa sebenarnya kalo bilang ribet ya? Kesannya kok kayak nggak bersyukur gitu?) ngurus makanan si anak. Banyak sih yang akhirnya memilih cara praktis dengan makanan instan/kemasan. Saya disini bukan dalam rangka menghakimi atau bilang bahwa ini jelek dan itu bagus. Saya termasuk yang mengkombinasikan menu rumahan dengan menu instan, meski menu rumahan menjadi prioritas. Dalam pikiran saya sih cuma gini, kalo suatu saat, pas lagi perjalanan jauh (misal pulang ke second home-nya kami di Oz), susah juga kalo mesti bawa-bawa makanan rumahan. Kalo basi gimana? Kalo pas baru start jalan masih bisa dikonsumsi, tapi kan perjalanannya nggak kayak Wonosobo-Selokromo, yang setengah jam nyampe *yaelaaah...*. So, saya memperkenalkannya dengan menu siap saji  (jangan bilang instant ah, kesannya kok jelek banget), supaya dalam kondisi darurat, dia bisa adaptasi dengan cepat. Untuk menyiasati waktu yang kadang tak bersahabat *yaelah..bahasanya...*, saya biasanya membuat blok-blok beku makanannya Crystal. Jadi, pulang kerja itu saya belanja sayur mayur dan teman-temannya. Malemnya saat Crystal bisa disambi, saya kukus-kukus itu sayur mayur, trus saya tumbuk atau blender atau parut (tergantung kebutuhan). Abis itu, saya taruh di cetakan es batu yang kotak-kotak itu. Saya masukin frezer, beres dah. Besok pagi tinggal pindahin ke kotak penyimpanan setelah blok-blok tersebut mengeras. Saat Crystal mau maem, tinggal kombinasi blok-blok yang ada (biasanya 1 blok wortel, 1 blok sayur, 1 blok jagung manis, 2 blok kentang) trus dikukus. Saya suka tambahin daging, ayam, telur, tahu maupun tempe ke dalam makanannya Crystal. Tapi untuk jenis-jenis tersebut saya biasanya kasih dalam kondisi tidak dibekukan. Maksudnya saya nggak mbekuin tahu, tempe dan kawan-kawannya para lauk itu. Saya masak saat itu juga.

Kadang, meski udah berusaha berhati-hati dan pilih-pilih jenis makanannya Crystal, masih ada aja yang kelewat dimakan dia tapi sebenarnya termasuk yang masih dilarang. Psst...biasanya ini dilakukan "tanpa sengaja" oleh mbah-mbahnya Crystal yang masih tergolong dalam grup NELI alias NEnek LIncah. Tiba-tiba aja dia makan tempe kemul *yang orang Wonosobo pasti tau apa itu tempe kemul*, atau bakwan, atau pisgor ataupun jenis makanan yang sudah mengandung gulgar. *usap peluh...* Fiuuuh...kan belum boleh tuh. Tapi apa daya, karena Crystal juga suka. Dia asyik makan tempe dkk dengan penuh sukacita, kalo diminta dan diganti dengan makanan yang sesuai dengan umurnya, uuuh...ngamuk-ngamuk dia. So, emaknya doa aja dalam hati, semoga dia nggak batuk ataupun diare. Dan wallaaa....so far, nggak ada reaksi negatif dari makanan-makanan tersebut (secara dia ngonsumsinya juga cuma secuil). Nah, yang bener-bener saya tentang adalah saat Bulek Asih (Crystal manggilnya Mbah Asih), ngasih teh manis ke dia. Yang ini saya beraniin negor: "Jangan deh kalo teh manis ya? nanti nunggu dia 2 tahun".

Ya ampun, ni udah panjang bener nulisnya? Udahan dulu deh. Selamat berpuasa untuk yang berpuasa, sementara yang tidak berpuasa, semoga senantiasa menghormati yang berpuasa. Tuhan memberkati Anda semuaaa....! Salam manis dari kami : Crystal and mum. Muaaah...muaaah...!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar